Inventarisasi Kupu-kupu (Lepidoptera:Rhopalocera) di Jalur 21 Kawasan Pusat Latihan Gajah Resor XV Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Penulis

  • Doni Setiawan Jurusan biologi FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Zazili Hanafiah Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Hanifa Marisa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Enggar Patriono Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Arwinsyah Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Dwi Hardestyariki Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya

Metrik Artikel

Abstrak artikel ini sudah dibaca: 277 kali
Unduhan PDF: 160 kali
Total Unduhan Berkas: 160 kali
Total Kunjungan: 437 kali

DOI:

https://doi.org/10.24233/sribios.3.3.2022.337

Kata Kunci:

kupu-kupu , komposisi , jenis , Padang Sugihan , inventarisasi

Abstrak

Kawasan Jalur 21 Pusat Latihan Gajah (PLG) merupakan bagian dari Suaka Margasatwa Padang Sugihan dengan berbagai aktivitas kegiatan sebagai kawasan pusat pelatihan gajah di kawasan PLG resor XV yang dapat mengancam keberadaan dan kelestarian hutan, padahal keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya masih banyak yang belum diketahui, salah satunya diantaranya keberadaan jenis kupu-kupu,  selama ini belum ada informasi  mengenai jenis kupu-kupu yang ada dilokasi. Mengingat Kupu-kupu memiliki peran ekologis yang cukup penting dalam menjaga keseimbangan eksosistem yaitu sebagai bagian dari rantai makanan dan penyerbuk tumbuhan berbunga sehingga perlu diketahui jenis kupu-kupu apa saja  yang ada di sekitar Jalur 21 kawasan PLG resor XV. SM. Padang  Sugihan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember  2020. penelitian ini menggunakan metode jelajah dan kupu-kupu di koleksi dengan menggunakan teknik sweeping net. Dari hasil penelitian ditemukan 191 individu  yang terdiri dari 38 jenis kupu-kupu yang termasuk ke dalam 5 famili yaitu Nymphalidae, Papilionidae, Pieridae, Lycaenidae dan Hesperiidae. Presentase komposisi kupu-kupu terbanyak yaitu dari famili Nymphalidae dengan 63,16 %, dan paling sedikit dari famili Hesperiidae dengan 5,26%. Berdasarkan peraturan perlindungan Indonesia secara keseluruhan tidak ditemukan jenis yang dilindungi dan berdasarkan IUCN Redlist Tahun 2020 ke semua jenis kupu-kupu yang ditemukan belum dievaluasi.

Unduhan PDF Tahun Terakhir

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Helmiyetti, manaf, S. Sinambela K.H. 2012. Jenis-jenis Kupu-kupu (Butterflies) yang Terdapat di Taman Nasional Kerinci Seblat Resort Ketenong Kecamatan Belapis kabupaten Rejang Lebong Porinsi Bengkulu. Konservasi Hayati Vol 08.No.01 April 2012. Hal. 22-28.

Setiawan, D. Aprillia, I, Pragustiandi G, Saputra RF. Idriati, W. & Maradona H. 2021. Keanekaragaman Kupu-kupu (Lepidoptera:Rhopalocera) Di Taman Patih Galung Kecamatan Prabumulih barat Kota Prabumulih. Sriwijaya Bioscientia. e-ISSN 2722-0680 Vol. 2 No. 1, April 2021

. Iqbal, M, Yustian, I, Setiawan, A., Setiawan, D. dan Aprilia, I. 2021. Kupu-kupu (Lepidoptera :Rhopalocera) Di Sumatera. Palembang. Kelompok Pengamat Burung Spirit of South Sumatra.

. Aprillia, I. 2019. Keanekaragaman dan Distribusi Frekuensi Kupu-kupu(Lepidoptera : Rhopalocera) di Beberapa Kawasan Lindung, Provinsi Sumatera Selatan. Tesis. Magister Biologi, FMIPA. Universitas Sriwijaya.

. Aprillia, I, Yustian, I, Setiawan, A. dan Setiawan, D. 2018. Diversity of Butterflies (Lepidoptera: Rhopalocera) In Gunung Ray Wildlife Reserve, Warkuk Ranau, South Sumatera. Biovalentia. Vol 4(2): hal 1-7.

Setiawan, D, Yustian, I & Aprillia, I. 2020. Kupu-kupu di Kawasan Kampus Universitas Sriwijaya Inderalaya. Inderalaya : FMIPA Universitas Sriwijaya.

. Kirton, L. G. 2 014. A Naturalist Guide to the Butterflies of Peninsular Malaysia, Singapore and Thailand. Selangor, Malaysia: John Beaufoy Publishing.

Dewi, B., Hamidah, J & Siburian. (2016). Keanekaragaman dan Kemelimpahan Jenis Kupu-Kupu (Lepidoptera: Rhopalocera) di Sekitar Kampus Pinang Masak Universitas Jambi. J.Biospecies. 9(2): 33-37.

Lamin, S, Sari, N, & Setiawan, D. 2016. Diversity and Distribution of Butterflies (Lep- idoptera : Rhapalocera) In Campus Sriwijaya University Inderalaya of South Sumatra. Biovalentia : 2 (2) : 123-131.

Diterbitkan

02-01-2023

Cara Mengutip
Tulis nama ilmiah dengan huruf Italic:

Setiawan, D., Hanafiah, Z., Marisa, H., Patriono, E., Arwinsyah, A., & Hardestyariki, D. (2023). Inventarisasi Kupu-kupu (Lepidoptera:Rhopalocera) di Jalur 21 Kawasan Pusat Latihan Gajah Resor XV Suaka Margasatwa Padang Sugihan. Sriwijaya Bioscientia, 3(3), 99–104. https://doi.org/10.24233/sribios.3.3.2022.337

Terbitan

Bagian

Vol 3, No 3 (2022): Desember 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>