Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah merupakan hasil penelitian/review asli (tidak ada plagiarisme). Naskah tidak dipublikasikan sebelumnya, juga tidak dipertimbangkan terbit oleh jurnal lain sebelumnya (atau penjelasan harus diberikan dalam isian Komentar untuk Editor).
  • File pengiriman dalam format Microsoft Word, bukan RTF, OpenOffice, atau WordPerfect, ukuran file kurang dari atau sama dengan 12 mb.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi harus disediakan.
  • Teksnya spasi tunggal, maksimal 10 halaman, ukuran halaman A4, margin kiri 3 cm, margin lain 2,5 cm (atas, bawah, kanan); menggunakan font 12-point Times New Roman; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); 2 kolom rata kanan (Justify); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir/Lampiran.
  • Teks mematuhi persyaratan gaya (referensi) dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang ditemukan di Penyerahan Naskah.
  • Penulis harus menulis 5 penelaah yang disarankan (nama dan alamat email) di Komentar yang diberikan kepada Editor (tersedia di bagian bawah atau tempat lain pada laman pengiriman). Jika mengirimkan ke edisi jurnal yang ditinjau oleh penelaah (rekan sejawat), instruksi dalam memastikan Tinjauan Buta (Blind Review) telah diikuti.

Panduan Penulis

Naskah yang diterbitkan adalah hasil penelitian atau hasil review asli (tanpa plagiarisme), ditulis dalam bahasa Indonesia, menggunakan format Word, dengan spasi satu spasi pada ukuran kertas A4, menggunakan font Times New Roman 12 poin, menggunakan huruf miring, dan bukan garis bawah (kecuali dengan Alamat URL), dalam 2 kolom rata kanan (Justify), margin kiri 3 cm, margin lain 2,5 cm (atas, kanan, bawah), maksimum 10 halaman, termasuk tabel, grafik, gambar, dan Lampiran - tidak disarankan.

iThenticate diadopsi sebagai perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk pemrosesan artikel, untuk meninjau keaslian naskah dan untuk berkomitmen kebijakan tanpa plagiarisme. Penulis harus meninjau Etika Publikasi.

PENGUNGGAHAN NASKAH

File naskah harus diunggah ke https://biovalentia.ejournal.unsri.ac.id/sribios setelah mendaftar sebagai Penulis. Sebelum diunggah, naskah harus memenuhi persyaratan berikut:

Naskah merupakan hasil penelitian/review asli (tidak ada plagiarisme). Naskah tidak dipublikasikan sebelumnya, juga tidak dipertimbangkan terbit oleh jurnal lain sebelumnya (atau penjelasan harus diberikan dalam isian Komentar untuk Editor).

File pengiriman dalam format Microsoft Word, bukan RTF, OpenOffice, atau WordPerfect, ukuran file kurang dari atau sama dengan 12 mb.

Jika tersedia, URL untuk referensi harus disediakan.

Teksnya spasi tunggal, maksimal 10 halaman, ukuran halaman A4, margin kiri 3 cm, margin lain 2,5 cm (atas, bawah, kanan); menggunakan font 12-point Times New Roman; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); 2 kolom rata kanan (Justify); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir/Lampiran.

Teks mematuhi persyaratan gaya (referensi) dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang ditemukan di Penyerahan Naskah.

Penulis harus menulis 5 penelaah yang disarankan (nama dan alamat email) di Komentar yang diberikan kepada Editor (tersedia di bagian bawah atau tempat lain pada laman pengiriman). Jika mengirimkan ke edisi jurnal yang ditinjau oleh penelaah (rekan sejawat), instruksi dalam memastikan Tinjauan Buta (Blind Review) telah diikuti.

PENGUNGGAHAN METADATA

Judul

Tulis judul dengan pola penulisan kalimat, kecuali huruf kapital untuk awal nama-nama (taksa, tempat seperti kota, kabupaten, kecamatan, dan seterusnya).

Sebagai contoh: Pengaruh paparan medan magnet terhadap produksi protease oleh Bacillus sp.

Nama dan Institusi Penulis

Tulis satu nama penulis untuk nama depan (dan bisa plus nama tengah) dan satu nama belakang, tulis juga nama yang terpublikasi, dilengkapi dengan nama institusi.

Sebagai contoh: Sumardi Sumardi, dengan nama terpublikasi Sumardi

Abstrak

Salin dan tempel Abstrak dalam bahasa Indonesia dari naskah artikel.

Kata Kunci
Tulis 3-7 kata kunci, pisahkan tiap katanya dengan tekan enter.

Sebagai contoh: protease, Bacillus sp., magnet

Referensi

Salin dan tempel Referensi dari naskah artikel.

PENULISAN NASKAH

Naskah artikel asli menyajikan kemajuan besar dan penting dalam ilmu Biologi yang memiliki skema penelitian atau perspektif tinjauan luas dan diskusi mendalam tentang temuan. Struktur naskah artikel selengkapnya terdiri atas Judul, Nama dan Institusi Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan, Konflik Kepentingan, Ucapan Terima Kasih, Referensi, Lampiran (lihat Panduan Penyusunan Naskah secara lebih rinci). Naskah artikel ini dapat ditulis dalam ukuran kertas A4 maksimum 10 halaman atau maksimum 25.000 kata.

PANDUAN PENYUSUNAN NASKAH

Naskah dapat ditulis dengan struktur penulisan selengkapnya sebagai berikut:

Judul

Nama dan Institusi Penulis

Abstrak

Kata Kunci

1. Pendahuluan

2. Bahan dan Metode

3. Hasil dan Pembahasan

4. Kesimpulan

Konflik Kepentingan

Ucapan Terima Kasih

Referensi

Lampiran

PANDUAN SECARA RINCI

Judul

Judul menggambarkan isi naskah secara singkat dan jelas. Tulis judul dengan pola penulisan kalimat, kecuali huruf kapital untuk awal nama-nama (taksa, tempat seperti kota, kabupaten, kecamatan, dan seterusnya) (lihat Templat untuk rinciannya).

Sebagai contoh: Pengaruh paparan medan magnet terhadap produksi protease oleh Bacillus sp.

Nama dan Institusi Penulis

Tulis nama lengkap dan afiliasinya, alamat institusi, serta alamat email. Alamat email hanya untuk keperluan komunikasi dengan editor, dan tidak dimasukkan dalam naskah yang diterbitkan untuk kenyamanan privasi bagi penulis (lihat Templat untuk rinciannya).

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, berisi sinopsis dan tujuan penelitian, metode, hasil, kesimpulan dan implikasi, terdiri atas 200-300 kata.

Kata Kunci

Di bawah Abstrak, tulis 3-7 kata kunci, pisahkan dengan koma (,) (lihat Templat untuk rinciannya).

Sebagai contoh: protease, Bacillus sp., magnet

Pendahuluan

Terdiri atas latar belakang, dapat juga dimasukkan ulasan singkat tentang penelitian/review sebelumnya yang relevan dan penemuan yang diharapkan untuk diperoleh. Sejauh mungkin menyajikan pentingnya penelitian/review, dan menjelaskan kepada pembaca yang tidak menguasai masalah (lihat Templat untuk rinciannya).

Bahan dan Metode

Menjelaskan secara rinci, misalnya, dari mana bahan itu berasal, cara mendapatkan, dan sebagainya. Hanya ditulis peralatan spesifik dan peralatan yang menentukan hasil penelitian saja; sedangkan peralatan umum tidak perlu ditulis. Prosedur penelitian dijelaskan secara jelas dan koheren (masuk akal). Metode analisis dan metode pendekatan yang digunakan pada penelitian/review harus dijelaskan (lihat Templat untuk rinciannya).

Hasil dan Diskusi

Bagian ini berisi deskripsi hasil penelitian/review yang dijelaskan secara jelas dan tepat. Tabel dan gambar secara berurutan diberi nomor sesuai dengan posisinya dalam naskah. Foto harus jelas, dan jika ada tanda atau angka yang ditulis pada foto harus kontras dengan warna foto (misalnya putih di atas biru, biru di atas putih). Diskusi berisi penjelasan dan interpretasi hasil penelitian. Juga harus dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan, kendala yang muncul dalam penelitian/review dan kemungkinan solusinya.

Gambar: Gambar disertai dengan judul  gambar dan penjelasan gambar disimpan dalam file Word naskah artikel, dan secara terpisah dalam file format jpeg/jpg sebagai gambar asli (harus cukup jelas). Gambar dapat dibuat dalam lebar maksimum 8,5 cm, angka dan judul gambar ditulis dalam ukuran huruf 8 poin (jika perlu, tambahkan skala ukuran dan tanda panah untuk menunjuk objek tertentu).

Gambar Statistik: Setiap nilai rata-rata dapat disertai nilai standar deviasi. Program Microsoft Excel dapat digunakan untuk menyajikan gambar statistik (tidak digunakan tangkapan layar yang tidak bisa disunting) dan dapat diperlukan untuk menyajikan data mentah.

Tabel: Setiap nilai rata-rata dapat disertai standar deviasi. Judul tabel ditulis ringkas. Catatan tentang pengukuran, penjelasan tentang bahan, dan informasi umum lainnya yang berlaku untuk seluruh tabel dapat dimasukkan sebagai catatan kaki yang tidak bernomor dan tidak dalam judul tabel. Angka dan judul tabel ditulis dengan ukuran huruf 8 poin. Tabel disimpan dalam file yang dapat diedit (lihat Templat untuk rinciannya).

Kesimpulan

Bagian ini berisi kesimpulan dari penelitian atau tinjauan/review dan diskusi yang ditulis secara singkat dan tanpa penjelasan lebih lanjut (lihat Templat untuk rinciannya).

Konflik Kepentingan

Penulis, jika ada, harus menyatakan konflik kepentingan bahwa tidak ada konflik kepentingan dengan lembaga apa pun dan atau siapa pun yang terkait dengan penelitian atau tinjauan/review dan publikasi (lihat Templat untuk rinciannya).

Ucapan Terima Kasih

Bagian ini ditulis di akhir naskah, pada posisi di atas Referensi (lihat Templat untuk rinciannya).

Referensi

Bagian ini hanya berisi referensi yang dirujuk dalam teks naskah artikel dan ditulis dalam urutan alfabet berdasarkan huruf awal nama penulis pertama - jika penulis lebih dari satu orang, diintegrasikan dengan urutan naik [nomor] sebelum huruf awal dari nama penulis pertama.

Sebagai contoh:

[1] Smarr, B. 2012. Neural pathways integrating circadian information into the decision to trigger ovulation (Doctoral dissertation). University of Washington, Washington. Retrieved from ProQuest Dissertations and Theses database.

Jumlah referensi maksimum adalah dua halaman dengan jumlah judul minimum 20, setidaknya terdiri atas 80% referensi primer (artikel jurnal). Referensi hanya mencantumkan materi yang diterbitkan atau diterima untuk publikasi, disarankan menggunakan  program Reference Manager atau Reference Tools.

Prosedur untuk menulis Referensi adalah sebagai berikut:

Jurnal, buletin, dan jurnal ilmiah (majalah): nama penulis, tahun, judul dengan pola kalimat, nama majalah (dapat disingkat), volume (nomor), halaman pertama dan terakhir artikel (sebagai informasi minimum).

Sebagai contoh:

Sarno, R.A. Suwignyo, Z. Dahlan, Munandar, M.R. Ridho, N. Aminasih, Harmida, M.E. Armanto and E. Wildayana. 2017. The phenology of Sonneratia alba J. Smith in Berbak and Sembilang National Park, South Sumatra, Indonesia. BIODIVERSITAS, 18(3):  909-915. ISSN: 1412-033X. E-ISSN: 2085-4722.  DOI: 10.13057/biodiv/d180307

Buku berisi kumpulan naskah (ulasan) dari banyak penulis, dan prosiding: nama penulis, tahun, judul naskah dengan pola penulisan kalimat dan cetak miring, editor, judul buku, volume, penerbit, tempat penerbitan, halaman pertama dan terakhir naskah (sebagai informasi minimum).

Sebagai contoh:

Patriono, E., E. Junaidi, dan Rustina. 2010. Inventarisasi spesies ikan di Sungai Kelekar, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Dalam: Herlinda, S., E. Rizar, O. Komalasari, M. Solichin, H. Hasyim, M.Y. Hasan, J. Emirzon, dan B. Raharjo (Ed.). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Kajian 2010. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Palembang. hlm. 202-208. ISBN: 978-602-98295-0-1.

Buku Teks: nama penulis, tahun, judul, edisi, penerbit, tempat publikasi (sebagai informasi minimum).

Sebagai contoh:

Sarno dan M. Ridho. 2016. Pengantar biologi mangrove. Penerbit Universitas Sriwijaya, Palembang.

Tesis atau Disertasi: nama penulis, tahun, judul dengan pola penulisan kalimat dan cetak miring (tesis Master / disertasi Doktor), penerbit, tempat publikasi, dan/atau Diperoleh dari (sebagai informasi minimum).

Sebagai contoh:

Smarr, B. 2012. Neural pathways integrating circadian information into the decision to trigger ovulation (Doctoral dissertation). University of Washington, Washington. Retrieved from ProQuest Dissertations and Theses database.

Artikel yang diterima tetapi belum diterbitkan dapat disertakan sebagai lampiran naskah artikel. Komunikasi pribadi, situs web, data yang tidak dipublikasikan dapat dimasukkan dalam teks naskah artikel dalam tanda kurung (sumber).

Sebagai contoh:

... Pembelahan proteolitik dari protein transmembran yang mengarah ke pelepasan domain intraseluler dengan pencarian BLAST (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/blast).

Komunikasi pribadi perlu ditulis dengan nama inisial sumber disertai dengan tahun pernyataan. Penulis akan memberikan bukti komunikasi.

Sebagai contoh:

... (Hermansyah, 2022, komunikasi pribadi).

Lampiran

Tidak direkomendasikan; tetapi jika diperlukan, Lampiran terdiri atas informasi kuantitatif atau kualitatif yang melengkapi hasil penelitian atau hasil kajian/review dan diskusi yang memperkuat kesimpulan dari hasil penelitian atau hasil kajian/review. Lebih direkomendasikan, semua ilustrasi, tabel, gambar, foto termasuk dalam teks naskah, dan tidak ada Lampiran.

Biaya Penulis

Jurnal ini membebankan biaya penulis sebagai berikut:

Pengiriman Artikel: Rp 0,00

Penulis tidak diharuskan membayar Biaya Pengiriman Artikel sebagai bagian dari proses pengiriman naskah artikel untuk berkontribusi pada biaya peninjauan/penelaahan.

Publikasi Artikel: Rp 1.000.000,00

Jika naskah artikel ini diterima untuk diterbitkan, anda akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutupi biaya publikasi. Ketentuan Biaya Publikasi adalah standar Sriwijaya Bioscientia untuk e-journal yang diakreditasi oleh otoritas Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional) Indonesia.

Jika anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda akan memiliki kesempatan untuk membebaskan setiap biaya. Kami tidak ingin biaya menghalangi publikasi karya ilmiah yang layak dipublikasi. Anda harus menghubungi kami untuk mendapatkan kesempatan membebaskan setiap biaya.

Edisi

Edisi Umum.

Vol 1, No 2 (2020): Desember 2020

Edisi Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020 menerima 5 artikel untuk diterbitkan.

Vol 2, No 1 (2021): April 2021

Edisi Vol 2 No 1 (2021): April 2021 menerima 5 artikel untuk diterbitkan.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.