Tentang Jurnal Ini

Fokus dan Ruang Lingkup

Karya ilmiah yang dipublikasi oleh SRIWIJAYA BIOSCIENTIA termasuk  dalam bidang ilmu Biologi murni dan Biologi terapan. Biologi murni termasuk Ekologi, Biosistematika, Fisiologi, Biologi Perkembangan, Mikrobiologi, Genetika. Biologi terapan termasuk Bioteknologi dan ilmu-ilmu turunan Biologi murni. Karya ilmiah yang dipublikasi dapat berupa hasil penelitian, studi kasus, review.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Pemeriksaan Plagiarisme

Jurnal ini menyediakan dan melakukan pemeriksaan plagiarisme terhadap naskah artikel yang dikirimkan oleh penulis. Naskah yang diterbitkan adalah hasil penelitian atau hasil review asli (tanpa plagiarisme), ditulis dalam bahasa Indonesia. Aplikasi iThenticate diadopsi sebagai perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk pemrosesan artikel, untuk meninjau keaslian naskah dan untuk berkomitmen tanpa plagiarisme. Dalam hal ini penulis harus meninjau Etika Publikasi.

Hak Cipta Penulis

Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui persyaratan hak cipta penulis berikut:

a. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.

b. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.

c. Penulis diizinkan dan didorong untuk mengunggah karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Tinjau Pengaruh Akses Terbuka).

d. Penulis memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan artikel tanpa batasan.

Tinjauan Sejawat

Naskah harus ditinjau oleh seorang penelaah/pengulas dan disunting oleh editor. Jika naskah ditulis oleh editor/penelaah, naskah tersebut harus ditinjau oleh penelaah lain dan disunting oleh editor lain. Para penelaah meninjau sebuah naskah di bidang ilmu Biologi mereka. Para penelaah menggunakan waktu mereka untuk meninjau naskah dalam 4 minggu pada umumnya. Proses tinjauan sejawat ini berprinsip tidak saling mengetahui nama penulis dan nama penelaah (Blind Peer Review). Hanya editor yang mengetahui nama penulis dan nama penelaah untuk setiap naskah yang ditelaah/diulas.

Proses telaah dimulai setelah file naskah dan metadata diunggah/dikirim oleh penulis (dengan atau tanpa penulis lainnya). Editor (biasanya Pemimpin Redaksi) menugaskan kiriman file naskah dan metadata kepada editor edisi (atau editor lain) untuk melakukan proses editorial. Editor (atau Editor Edisi) mengundang seorang penelaah dari daftar penelaah (atau database ) yang sesuai bidang minatnya. Di sisi lain, editor edisi (atau editor) dapat memeriksa kiriman naskah, melakukan telaah, dan akhirnya mencapai keputusan editorial. Sementara itu, penelaah meninjau dan menyerahkan hasil telaah/ulasannya dan rekomendasi kepada editor edisi (atau editor). Pada saat yang sama, penulis dapat melacak proses, melihat file, meninjau, merevisi dan mengirimkan kembali file naskah atas permintaan editor atau editor edisi. Proses tinjauan/telaah akan selesai jika keputusan akhir editorial telah dicapai oleh editor edisi dan editor.

Proses Tinjauan Sejawat dalam Proses Editorial dan Penerbitan

Proses Tinjauan Sejawat

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem PKP PN (salah satu agensi pengarsipan yang mendukung The Keepers Registry) untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan.

Kebijakan Penerbit

Jurnal ini menggunakan Sherpa Romeo untuk mendaftarkan/mencatatkan Kebijakan Penerbit. Kebijakan Penerbit terhadap jurnal Sriwijaya Bioscientia dapat ditinjau pada tautan jurnal ini https://v2.sherpa.ac.uk/id/publication/41302 (Sriwijaya Bioscientia). Kebijakan Penerbit jurnal Sriwijaya Bioscientia selengkapnya tercantum pada bagian Publisher Policy.

Pada prinsipnya Kebijakan Penerbit (Publisher Policy) mengizinkan penulis untuk menyimpan semua versi naskah artikel mereka dalam berbagai media daring (online) termasuk repositori institusional, repositori subjek, website jurnal, laman beranda (homepage) penulis. Kebijakan Penerbit tidak menerapkan embargo terhadap Naskah Praterbit (Submitted Version/Preprint), Naskah Diterima Terbit (Author's Accepted Manuscript Version), dan Naskah Diterbitkan (Published Article Version/Version of Record). Naskah Diterbitkan harus diakui sebagai sumber (Published source must be acknowledged).

Sponsor

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya

Website:

Sejarah Jurnal

Jurnal Sriwijaya Bioscientia berdiri sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya Nomor 0186/UN9.FMIPA/TU.SK/2020 tanggal 18 Maret 2020 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Pengelola Jurnal Sriwijaya Bioscientia Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya.Termasuk sebagai anggota Dewan Redaksi adalah ibu Dra. Sri Pertiwi Estuningsih, M.Si. Mulai penerbitan Jurnal Sriwijaya Bioscientia Vol. 2 No 3 Desember 2021 anggota Dewan Redaksi berkurang satu orang karena Dra. Sri Pertiwi Estuningsih, M.Si. wafat.

Profile Image
Dra. Sri Pertiwi Estuningsih, M.Si.

Scopus ID: 57194568262

Sinta ID: 6119591

Jurusan Biologi, Universitas Sriwijaya, Indonesia