Pengujian bakteri patogen pada ikan hias di Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang

Penulis

  • Arief Sulistiyono BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
  • Eka Mutiara Program Studi Sarjana Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya

Metrik Artikel

Abstrak artikel ini sudah dibaca: 1247 kali
Unduhan PDF: 919 kali
Total Unduhan Berkas: 919 kali
Total Kunjungan: 2166 kali

DOI:

https://doi.org/10.24233/sribios.3.3.2022.358

Kata Kunci:

pengujian , bakteri , patogen , ikan , hias

Abstrak

Badan Karantina lkan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan merupakan birokrasi dan orientasi pelayanan dari dua institusi yaitu Karantina Ikan dan Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan. Karantina ikan betanggung jawab terhadap pencegahan masuk dan tersebarnya Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK) di Indonesia serta mencegah keluarnya Hama dan Penyakit Ikan (HPI) dari dalam wilayah Republik Indonesia. Penyakit yang menyerang ikan biasanya timbul karena gangguan organisme patogen berupa parasit, jamur, bakteri, dan virus. Penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri sangat mempengaruhi hasil budidaya karena penyakit tersebut dapat menurunkan hasil ikan budidaya oleh karena itu perlu dilakukan diagnosa penyakit ikan sebelum di perdagangkan dalam wilayah Republik Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi mengenai cara pengujian bakteri pathogen pada ikan dan mengetahui bakteri pathogen yang terdapat pada ikan. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2022. Penelitian ini menggunakan metode konvesional mulai dari sterilisasi alat, isolasi, pemurnian, pewarnaan gram hinga uji biokimia pada bakteri dengan menggunakan sampel uji ikan hias Botia macracantha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan bakteri pathogen yaitu Plesiomonas shigelloides yang memiliki karakteristik antara lain bersifat gram negatif dan berbentuk batang serta bakteri ini bersifat motil, fermentatif, dapat memproduksi enzim katalase, indol, dan dapat mendekarboksilase asam amino lisin maupun ornithin. Adapun hasil produksi asam dari proses fermentasi gula bisa didapat dari jenis gula glukosa, inositol, dan trehalosa.

Unduhan PDF Tahun Terakhir

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, R., Dwinna A.. dan Siska M. 2016. Identifikasi Bakteri Aeromonas Anydrophila dengan Uji Mikrobiologi Pada Ikan Lele vang Dibudidayakan di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Imiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 1(2): 271-286.

Austin, B., dan Dawn Austin. 2007. Bacterial Fish Pathogens Diseases of Farmed and Wild Fish. Germany: Praxis Publishing.

Badan Karantina Ikan (BKIPM). 2022. http://www.bkipm.kkp.go.id. Internet. Diakses tanggal 10 juni 2022.

Barrow, G. I., dan Feltham, R. K. A. 1993. Cowan and Steels 's Manual for The Identification of Medical Bacteria. Cambridge: Cambridge University Press.

Dewi, T. C.. Kurniasih, Surya A., dan vuli P.K. 2015. Deteksi Bakteri Streptococcus Iniae Pada Ikan Nila (Oreochromys niloticus) Berasal dari Papua Dengan Metode AGP (Agar Gel Presipitation). Prosiding Inovasi Veteriner dalam Riset dan Industri untuk Menjawab Tantangan Pasar. 181-185.

Effendie MI. 2002. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama: Yogyakarta. 1-151 hal.

Handayani, E. 2012. Prevalensi Infeksi Bakteri Patogen pada Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus) di Kawasan Minapolitan Kabupaten Banjar. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Lestari. P.D., dan T.W. Hartati. 2017. Mikrobiologi Berbasis Inkury. Malang (ID): Gunung Samudera

Lukistyowati, I dan Feliatra. 2019. Teknik Isolasi dan Identifikasi Escherichia coli dan Bakteri Patogen pada Ikan. Unri Press: Pekanbaru. 61 hlm.

Mac Faddin, Jean F. 1980. Bichemical Tests For Idenfication of Medical Bacteria Second Edition. USA: Waverly Press.

Mulia, D.S., W. Apriyanti, H. Maryanto, dan C. Purbomartono. 2012. Imunogenisitas Antigen Whole Cell Bakteri Aeromonas hydrophila. Sains Akuatik, 14(1): 25-32.

Naibaho, F.F., D. Suryanto, dan R. Leidonal. 2017. Jenis-jenis Bakteri Potensial pada Ikan Patin di Kolam Budidaya Ikan Air Tawar Kota Beling Tanah Air Kecamatan Tanjung Anom, Jurnal Manajemen Perikanan.

Napitupulu, R. A., Dwi S., dan Desrita. 2017. Isoasi dan Identifikasi Bakteri Potensial Patogen pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Kolam Budidaya Patumbak. Jurnal Aquacoastmarine. 15(1): 1-10.

Narwiyani, dan S. Kurniasih. 2011. Phylogenetic Tree dari Empat Isolat Edwardsiella Tarda di Indonesia .Biota 16(2): 348-353.

Novriadi, R.. Rini P.. Dodi Y., dan Joko S. 2014. Penyakit Ikan Air Laut di Indonesia. Jakarta: Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Direktorat Kesehatan Ikan dan Lingkungan.

Pelczar MJ, Chan ECS. 2006. Dasar-dasar Mikrobiologi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Purnamawati, R. 2016. Metode Pemeriksaan Penyakit Ikan di Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Surabaya I. Laporan PKL. Surabaya: Universitas Airlangga.

Quinn P. J.. Markey, B. K., Leonard, F. C., Fitzpatrick, E. S. Fanning, S., dan Hartigan F. J. 2011. Veterinary Microbiology and Microbial Disease Second Edition. USA: Blackwell Publishing.

Ridwan, M. 2011. Pedoman Penetapan Hama dan Pemyakit Ikan Karantina. Jakarta: Pusat Karantina Ikan.

Rionga M. Dwi S. dan Yunasfi. 2017. Jenis- Jenis Bakteri Potensial Patogen yang Menginfeksi Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Kolam Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Aquacoastmarine. 15(1): 1-10.

Sudarsono, A. 2008. Isolasi dan Karakterisasi Bakteri pada Ikan Laut Dalam Spesies Ikan Gindara (Lepidocibium flavobronneum). Skripsi. Bogor Institut Pertanian Bogor.

Supian, E. 2013. Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Ikan. Pustaka Baru Press: Yogyakarta 10-15.

Suryadi. Y.. Tri P. P.. I Made S. Dwi N. S., Patricia, dan Wahyu 1. 2013. Karakterisasi dan Identifikasi Isolat Bakteri Endofitik Penghanbat Jamur Patogen Padi. Buletin Plasma Nutfah. 19(1): 25-32.

Tito. L. M. 2014. Isolasi dan Identifikasi Bakteri Kitinolitik yang Terdapat Pada Cangkang Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus). Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Wiklund, Tom. 2016. Pseudomonas anguilliseptica infection as a threat to wild and farmed fish in the Baltic Sea. Microbiology Australia. 136-136

Diterbitkan

02-01-2023

Cara Mengutip
Tulis nama ilmiah dengan huruf Italic:

Sulistiyono, A., & Mutiara, E. (2023). Pengujian bakteri patogen pada ikan hias di Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang. Sriwijaya Bioscientia, 3(3), 79–87. https://doi.org/10.24233/sribios.3.3.2022.358

Terbitan

Bagian

Vol 3, No 3 (2022): Desember 2022